Selasa, 18 Desember 2012

JUNGKAT-JUNGKIT

Jungkat-jungkit adalah sebuah permainan di mana papan panjang dan sempit berporos di tengah, sehingga di saat salah satu ujungnya bergerak naik maka ujung yang lain bergerak turun. Papan jungkat-jungkit di dalam taman bermain lazimnya dirancang agar seimbang di tengah. Masing-masing orang duduk di setiap ujung, kemudian mereka bergiliran melonjakkan tubuh dari tanah. Jungkat-jungkit biasanya memiliki pegangan untuk dipegang saat mereka duduk saling berhadapan.
Jungkat-jungkit kadang-kadang digunakan untuk membantu proses mekanis. 



Jungkat-jungkit merupakan merupakan contoh atau penerapan dari pelajaran fisika untuk pokok bahasan pengungkit di dalam pelajaran fisika. Pengungkit dibedakan menjadi 3 tipe.



 Permainana jungkat-jungkit merupakan penerapan dari aplikasi pengungkit tipe1 yaitu titik setimbang berada di tengah anatara lengan beban dan lengan kuasa. permainan ini merupakan salah satu bentuk sistem rotasi. Jadi gerakan jungkat-jungkit lebih banyak dipengaruhi oleh momen inersia sistem dan torsi yang bekerja pada sistem tersebut.





rumus untuk percepatan sudut adalah





1 komentar:

  1. mohon pencerahannya gan
    1. T= r.F.sin(thetha) . jika F disini kita dapatkan dari meletakkan benda bermasa m dengan hati2/ tanpa ada gaya dorong. apakah bisa kita rumuskan F = m.g.
    2. sin(thetha). cara menentukan sudut (thetha) jika kita tunjukkan dengan koordinat x,y . a: +,+ b: +,- c:-,- d:-,+ apakah sama atau ada perbedaan mirror. kalo ada mohonpencerahannya dengan gambar

    BalasHapus